Sabtu, 07 April 2012

1.PENGANTAR BISNIS PERTANIAN SAWAH

1. Pendahuluan 

   Artikel pengantar bisnis ini adalah salah satu serangkaian yang berkaitan dengan bidang ekonomi. Bisnis dan ekonomi sangatlah berkaitan di dalam lingkup atau lingkungan masyarakat. Di dalam artikel ini akan di bahas tentang perawatan menjaga sawah dari sawah sampai panen menjadi beras dan juga akan di bahas tentang jual beli sawah yang sangat
menguntungkan. Bisnis pertanian sawah ini sangat menarik saya bahas dalam artikel ini di karenakan masih jarang sekali orang-orang mengetahui bisnis ini apalagi orang-orang yang tinggal di kota, di karenakan bisnis ini hanya terkenal di pedesaan. Saya menulis artikel ini sangatlah mendapatkan hambatan kesulitan untuk mencari tau tentang persawahan dan jual beli sawah, dan juga susah dalam menyalin kata-katanya untuk artikel ini karena saya membuat artikel ini lebih cari tau melalui wawancara kepada pemilik sawahnya dan sebagian juga saya ambil dari buku. Semoga artikel ini bisa dimengerti oleh yang membaca. 

2. Isi 
2.1 Pengertian Ekonomi Bisnis

    Pengertian bisnis menurut ekonomi adalah suatu kegiatan jual menjual suatu barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan. Dalam bisnis itu dilakukan oleh para swasta di bentuk untuk meningkatkan kemakmuran untuk pemiliknya, dan pemiliknya tersebut akan mendapatkan laba, atau imbalan yang sesuai dengan waktu, usaha, atau kapasitas. 

2.2 Profil Bisnis Pertanian Sawah 

     Bisnis pertanian sawah biasanya kita dengar,lihat dan tau berada di pedesaan atau di pengunungan yang tanahnya masih tandur ( cocok untuk bercocok tanam ), dan cuacanya yang sangat alami sekali tanpa adanya polusi. Biasanya tempat-tempat ini yang cocok untuk bercocok tanam, biasanya daerah seperti ini adalah Bandung, Bogor, Cikampek, dan lain-lain. Bukan melainkan tempat-tempat di sana untuk bercocok tanam pertanian sawah di sana juga tempatnya jual beli sawah, biasanya 1 ladang sawah itu dinamakan 1 hektar keuntungan dari jual beli sawah sangat besar, tapi alangkah baiknya sawah yang kita jual atau beli ini dalam keadaan yang baik dan bagus tidak ada hama-hama yang merusak semuanya mangkadari itu di perlukan perawatan sawah yang sangat efisien. Cukup mengkocek pengeluaran yang sedikit saja semua perawatan sawah bisa terjamin bagus dan baik. sebenarnya perawatan sawah tidaklah mahal tetapi hanya sulit untuk merawatnya, tetapi hasilnya akan bagus dan bisa di jual sawahnya lebih mahal daripada perawatnnya, jual dan beli sawah cukup menjanjikan labanya. Banyak yang belum mengetahui tentang bisnis pertanian sawah seperti ini dikarenakan bisnis ini hanya bisa dilakukan di daerah pedesaan dan tidak bisa dilakukan di daerah perkotaan, banyak yang menjalankan bisnis ini menjadi sukses di tempatnya daerah. Bagi meraka yang menjalankan bisnis ini sangatl`h menjanjikan juga untuk kehidupannya. Bukan hanya masyarakat pedesaan saja yang bisa bisnis seperti ini masyarakat perkotaan juga bisa melakukan bisnis seperti ini tanpa mereka tinggal di pedesaan, masyarakat kota bisa juga membeli sawah di pedesaan dan menyuruh masyarakat pedesaan di sana mengurusnya atau merawatnya istilah kata pengurusnya itu adalah " petani " . Masyarakat kota hanya tunggu panennya saja dan setelah panen pendapatnya atau labanya di bagi dua dengan pengurusnya istilahnya pengurusnya di gaji oleh si pemilik itu. Jadi bisnis ini bisa menjanjikan kepada sapa saja, cobalah di coba bisnis ini.

2.2 Perawatan Sawah

     Perawatan sawah sangatlah penting untuk kesuburan sawahnya dan akan menghasilkan padi yang sangat bagus diantranya perawatan sawah : 1. Cari ladang sawah yang selalu di airi dari penggunungan atau dari sungai. 2. Bajak ladang sawah itu untuk meratakan tanahnya sebagai bahan mencocok padinya yang masih kecil, membajak itu bisa memakai mesin ( Traktor ) atau juga bisa memakai alat tradisional seperti ( Karabpan kerbau ). 3. lalu memulailah bercocok tanam padi itu yang masih kecil sampai rata 4. Kemudian di berikan pupuk tapi ingat tidak setiap hari pupuk selalu di berikan kepada padi kita lihat dari pertumbuhan padinya dulu jikalau padi itu mulai rusak cepat-cepat di beri padi dan vitamin untuk sawah. 5. Dan biarkan padi itu tumbuh sendirinya selama 4 bulan. Setelah 4 bulan berjalan saatnya panen, 1 ladang sawah atau hektar itu bisa menjadi padi sebanyak 7,5 atau 8 ton dan 1 karung padi beratnya 40 kg, pasti di saat itu juga transaksi jual beli padi di mual dan saatnya juga laba akan banyak menguntungkan. Nb : Jika kelangkaan pupuj, kekeringan, atau banjir, hama, dampaknya sangat besar terhadap kerusakan padinya semuanya akan turun harga produksinya dan mustahil akan menjadi sawah. mangkadari itu semuanya harus di siapkan dengan efisien dan sempurna dan semuanya akan berhasil dan akan jadi padi yang bagus. 

2.3 Jual Beli sawah 

     Jual beli sawah ini yang sangat menguntungkan yang akan mendapatkan laba yang sangat besar pada si pemilik sawah itu, selain akan menghasilkan padi yang bagus bisa juga menghasilkan ladang sawah yang di minati oleh orang untuk di beli. 1 ladang sawah itu bisa di bilang 1 hektar yang jumlah jualnya dan belinya sampai Rp. 13000000 jt. waw...sangat menguntungkan sekali harga segitu, itu baru 1 hektar apa lagi punya berbanyak hektar pasti keuntungnnya sangat besar. transaksi jual beli sawh tidak sembarangan, jual beli sawah harus ada surat perjanjian jual beli dan juga surat itu pindah nama kepada pemilik yang membeli sawah itu. Cukup ribet tapi keuntungan bisnisnya itu yang mengiurkan. Bisnis pertanian sawah ini mungkin alternatif salah satu dari bisnis-bisnis lainnya yang bisa pembaca tiru dan berminat. lakukan segala hal dengan pikiran dan kreatif. 

  Penutup 

            Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membaca dan untuk bermotivasi untuk para pembaca pebisnis di daerah pedesaan seperti artikel yang saya buat. Sekian artikel dari saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati kalian semua.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. BLOG [ SOFYAN ] - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz